Sulitnya akses air bersih dan sanitasi yang buruk memicu munculnya penyakit berbasis lingkungan seperti diare kronik dan stunting. Pemerintah mencanangkan 5 pilar dalam program Sanitasi Total Berbasis Lingkungan (STBM) untuk mengurangi penyakit tersebut.
5 pilar itu, yakni :

Lima Pilar STBM terdiri dari:
1. Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS)
Suatu kondisi ketika setiap individu dalam suatu komunitas tidak lagi melakukan perilaku buang air besar sembarangan yang berpotensi menyebarkan penyakit.
 
2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)
Perilaku cuci tangan dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun.
 
3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan di Rumah Tangga (PAMM-RT)
melakukan kegiatan mengelola air minum dan makanan di rumah tangga untuk memperbaiki dan menjaga kualitas air dari sumber air yang akan digunakan untuk air minum, serta untuk menerapkan prinsip hygiene sanitasi pangan dalam proses pengelolaan makanan di rumah tangga.
 
4. Pengamanan Sampah Rumah Tangga
melakukan kegiatan pengolahan sampah di rumah tangga dengan mengedepankan prinsip mengurangi, memakai ulang, dan mendaur ulang.
 
5. Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga.
melakukan kegiatan pengolahan limbah cair di rumah tangga yang berasal dari sisa kegiatan mencuci, kamar mandi dan dapur yang memnuhi standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan yang mampu memutusa mata rantai penularan penyakit.
 
Manfaat 5 pilar stbm
Adanya lima pilar STBM akan membantu masyarakat untuk mencapai tingkat higiniene yang paripurna, sehingga akan menghindarkan mereka dari kesakitan dan kematian akibat sanitasi yang tidak sehat.

Program nasional STBM dikhususkan untuk skala rumah tangga, sehingga program ini adalah program yang berbasis masyarakat, dan tanpa memberikan subsidi sama sekali bagi rumah tangga.
Kata kunci untuk STBM:
  • sanitasi total
  • berbasis masyarakat
  • skala rumah tangga
  • metode pemicuan
  • monitoring partisipatif

cek galery foto kegiatan STBM 5 Pilar kami disini !! 

https://kel-temindung-permai.samarindakota.go.id/gallery/deklarasi-komitment-5-pilar-stbm-sanitasi-total-berbasis-masyarakat-di-aula-panti-tresna-werdha-nirwana-puri-24-oktober-2019-SZKNM

 

 

source :

http://www.depkes.go.id/article/print/17032100003/5-pilar-kurangi-penyakit-berbasis-lingkungan.html

https://febriandhy.blogspot.com/2018/08/5-pilar-sanitasi-total-berbasis.html

https://twitter.com/planindonesia/status/992735694089961472

 

 

Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Temindung Permai
Pelayanan Kelurahan Temindung Permai melayani warga pada hari kerja Senin-Kamis pukul 07.30 - 16.00 WITA dan Jumat pukul 07.30 - 11.00 WITA
sampaikan keluhan dan saran kalian pada kami melalui Contact Person (0541) 733972
Tertib Administrasi akan membantu Saya..Anda..dan Kita semua menuju SAMARINDA ROAD TO SMART CITY